Tips Melindungi Touch Screen pada Smartphone Android Anda

Rata-rata smartphone Android memang mempunyai layar yang sangat tangguh dan dilapisi dengan anti gores yang cukup bagus. Tetapi bukan berarti anda bisa sembarangan saja menggunakan gadget android tersebut, apalagi bila smartphone Android yang anda gunakan itu hanya dilapisi dengan screen protector bukan lapisan pelindung anti gores sejenis Corning Gorilla Glass.

 

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan dan anda gunakan untuk menjaga dan melindungi layar sentuh atau touch screen yang ada pada smartphone Android anda.

 

Hanya gunakan jari anda atau stylus (sebuah alat khusus untuk menavigasikan gadget android seperti yang ada pada smartphone Android Samsung Galaxy Note) untuk menavigasikan perangkat android anda. Khusus untuk anda yang menggunakan Sony Xperia Z Ultra anda boleh menggunakan pensil untuk menavigasikan perangkat android tersebut tetapi sebaiknya jangan untuk perangkat android lainnya.

Jauhkan touch screen perangkat android anda dengan segala perangkat elektronik jenis apapun. Banyak orang yang berfikir bahwa mendekatkan touch screen smartphone pada magnet akan merusak ponsel tersebut. Padahal kenyataannya bukan begitu. Magnet tersebut hanya akan mengacaukan sensor magnet yang ada pada ponsel tersebut yang digunakan untuk aplikasi kompas.

Jelas satu hal yang paling harus ada hindari adalah, jangan menggunakan benda tajam saat anda menavigasikan touch screen yang ada pada perangkat android anda dan jangan pula membanting ponsel tersebut jika ponsel anda terlihat laggy, karena smartphone android anda bukan seperti perangkat TV anda. Yang perlu anda perhatikan juga adalah ketika anda asyik bermain game pada perangkat android anda usahakan tidak terlalu memberikan gesekan atau tekanan yang terlalu keras pada layar tersebut. Intinya adalah, jangan terlalu memberi beban tekanan benda tumpul ataupun tajam pada layar sentuh tersebut.

Pernahkah anda mendengar istilah burn-in? Hal ini terjadi ketika anda membiarkan layar anda dalam keadaan siaga dalam beberapa waktu tanpa menonaktifkan layar. Untuk mencegah hal ini terjadi atur lock screen untuk non aktif secara otomatis setelah beberapa waktu tertentu, yang ada pada bagian bawah lockscreen.

Untuk melindungi touchscreen pada perangkat android anda, sebaiknya anda membeli screen protector (pelindung layar) atau hard case untuk smartphone atau tablet anda. Ada banyak barang-barang seperti itu yang dapat melindungi touchscreen perangkat android anda yang harganya tidak terlalu mahal. Anda bisa menemukannya di toko-toko yang menjual perlengkapan gadget atau anda juga bisa menemukannya secara online melalui Amaon atau eBay. Jadi jika anda tidak sengaja menjatuhkan perangkat android anda paling tidak anda tidak terlalu khawatir jika touchscreen akan retak atau pecah karena ponsel anda sudah terlindungi oleh hard case.

Jauhkan layar perangkat android anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Jika anda membiarkan layar smartphone atau tablet anda terlalu lama dibawah sinar matahari maka hal itu akan merusak kualitas touchscreen anda.

Ketika anda membersihkan anda sebaiknya gunakan kain berserat tipis atau yang lebih dikenal dengan microfiber cloth yang cocok untuk touch screen anda. Jika anda bingung dimana untuk menemukan microfiber cloth. Anda bisa menggunakan kain yang biasa anda pakai untuk membersihkan kacamata anda. Tetapi anda juga tetap perlu berhati-hati membersihkan layar perangkat android anda tersebut. Sebaiknya anda hanya perlu menghembuskan nafas di depan layar dan kemudian beri sedikit sapuan lembut dengan kain tersebut. Dan ingat, untuk menghindari terjadinya goresan pada touch screen, jangan terlalu menggesek layar sentuh tersebut dengan terlalu keras secara terus menerus.

 

Itulah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk melindungi touchscreen atau layar sentuh pada smartphone android anda.