Cara Mengubah Smartphone Android Menjadi Webcam

Kini untuk melakukan chatting dengan keluarga maupun teman yang berada di lokasi yang jauh tak perlu membutuhkan cara yang rumit, sebab saat ini telah ada teknologi yang bernama webcam. Bahkan saat ini kadang kita melakukan interview pekerjaan secara online, dan tentu saja untuk melakukan interview pekerjaan secara online itu kita akan menggunakan webcam. Jika anda memerlukan Webcam tapi tidak mempunyai simpanan uang lebih untuk membelinya, sebaiknya anda gunakan smartphone android anda saja, karena cukup mudah untuk menyulap smartphone Android menjadi webcam, hal tersebut dapat anda lakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis di Google Play Store dan tentu saja sebuah koneksi jaringan yang stabil.

 

Ada beberapa alasan mengapa anda sebaiknya tidak menghubungkan webcam ke komputer anda setiap waktu, dan anda lebih baik menggunakan ponsel anda sebagai pengganti webcam.

  • Karena anda mungkin jarang menggunakan Skype atau aplikasi video chat lainnya, sehingga anda tidak terlalu memerlukan webcam setiap saat.
  • Karena anda mempunyai sebuah smartphone Android yang sudah jarang anda pakai sehingga bisa untuk digunakan sebagai webcam setiap saat.
  • Karena anda tidak ingin memiliki kamera permanen yang terubung ke komputer anda, yang disebabkan adanya beberapa virus yang mencoba mengakses ke webcam anda untuk mendapatkan compromising footage, maka cara yang paling mudah untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan smartphone android anda sebagai webcam sementara disaat anda benar-benar membutuhkannya.

 

Syarat mutlak untuk menyulap perangkat Android anda menjadi webcam adalah, perangkat anda tersebut harus terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi atau mempunyai koneksi mobile data (perlu diingat koneksi mobile data tersebut harus yang unlimited) Kemudian setelah anda yakin perangkat tersebut sudah terkoneksi dengan WiFi atau unlimited mobile data maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mendownload dan menginstall IP Webcam dari Google Play Store (aplikasi ini bisa anda dapatkan dengan gratis) lalu anda juga harus mendowload dan menginstall IP Camera Adapter untuk PC anda, aplikasi ini juga gratis. Anda juga perlu untuk memiliki browser Chrome atau Fireox di PC anda karena aplikasi ini tidak dapat bekerja dengan baik di Internet Explorer. Kemudian Run IP Webcam pada perangkat android anda, mulailah mengatur resolusi dan kualitas yang anda inginkan, batas frames per second dan orientasi. Atur username dan password .

Jika anda menggunakan aplikasi yang ada di internet maka hal ini perlu anda lakukan karena tentu saja anda tidak ingin semua orang dapat mengakses ke webcam anda. Bukan hanya karena itu saja tetapi juga karena adapter tidak bisa bekerja tanpa adanya log in credentialls. Selanjutnya, tap Start Server. Sekarang gambar yang anda streaming akan muncul pada perangkat android anda. Kemudian ketik IP address dan port (anda bisa lihat IP address dan Port di bawah gambar ang anda streaming tadi) di web browser. Kemudian masukkan username dan password login anda. Lalu anda akan diberi pilihan range dan anda bisa melihat stream di sebuah player seperti VLC. Simpan dan buka file itu. Jika anda ingin menggunakan webcam untuk aplikasi video chat, seperti Skype, mulailah pada IP Camera Adapter yang telah anda install di PC anda tadi. Ketik IP dan Port juga username dan password yang anda gunakan untuk login jika anda telah mengaturnya tadi. Bila semua data yang diperlukan sudah anda masukkan maka ketika anda mengklik Apply seharusnya webcam sudah bisa berfungsi. Lalu anda perlu menginstall software yang disebur SplitCam. Setelah itu run software tersebut. Dibawah File menu, masuklah ke video source kemudian pilih MJPEG Camera. Lalu anda akan melihat video feed di Splitcam. Kemudian run Skype, pada menu masuk ke Tools lalu Options kemudian di bawah video setting pilihh MJPEG Camera.

 

Itulah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk mengubah smartphone Android menjadi webcam. Meskipun tergolong agak ribet namun hal tersebut akan cukup berguna bagi anda yang sedang membutuhkan webcam namun tak punya cukup uang untuk membelinya.