Begini Cara Mudah untuk Memblokir Panggilan Telepon dan SMS pada Smartphone Android

Bila kini anda sedang mencari cara untuk memblokir panggilan telepon atau sms yang tidak anda inginkan pada perangkat android anda, maka anda berada pada tempat yang tepat. Ada beberapa alasan mengapa anda mencari cara untuk memblokir panggilan dan sms tersebut mungkin anda ingin memblokir panggilan dari telemarketers, debt collectors atau orang-orang yang mengganggu anda. Dibawah ini ada beberapa metode yang dapat anda lakukan untuk memblokir panggilan-panggilan telepon dan sms yang mengganggu tersebut.

 

Pada setiap perangkat android ada fitur yang bisa untuk memblokir panggilan telepon, anda dapat mengaktifkannya dengan cara:

Klik tombol Phone untuk melakukan panggilan

Klik tombol Menu

Pilih Blocked Callers

Tekan Menu untuk menambahkan nomor telepon orang yang ingin anda blok kedalam daftar

Maka secara otomatis nomor-nomor teleponn yang telah anda tambahkan tersebut akan langsung terblokir.

 

Selain itu anda dapat melakukan metode lain dengan cara mendownload aplikasi untuk mengatur panggilan telepon dan sms yang tidak anda kehendaki.

 

Salah satu aplikasi yang bisa anda unduh dengan mudah adalah aplikasi yang disebut Blacklist. Aplikasi Blacklist ini bisa anda dapatkan dengan gratis di Google Play Store. Aplikasi ini bisa membantu anda untuk membuat daftar blacklist dan membantu anda untuk menghapus sms yang tidak anda inginkan. Cara menggunakan aplikasi ini cukup simple namun meskipun demikian, aplikasi Blacklist memiliki fitur-fitur yang berguna untuk mengatur panggilan telepon maupun sms yang tidak anda kehendaki. Cara untuk mengakifkannya adalah :

Masuk ke Google Play Store

Kemudian cari aplikasi yang bernama Blacklist

Download dan Install aplikasi tersebut pada perangkat android anda

Launch aplikasi tersebut

Periksa instruksi dibawah untuk detail konfigurasi aplikasi yang anda butuhkan

Aplikasi Blacklist menawarkan kustomisasi parameter dan skenario pemblokiran yang berbeda. Setting pada blacklist bisa anda akses dari setting pop up window.

Untuk merubah settingan Blacklist,  anda harus memulainya dengan tap pada tombol menu lalu beri tanda blacklist pada nomor yang ingin anda blokir.

Ada tiga jenis pilihan blokir pada settingan blacklist:

“Number not in my contacts” : Nomor ini belum anda simpan di buku telepon anda

“Private numbers” : Nomor yang tidak terlihat di layar anda karena si pemanggil sengaja tidak menunjukkan nomor mereka yang spesifik

“Spesific numbers” : Nomor ini diambil dari daftar panggilan, daftar sms, atau buku telepon . Tap tombol + untuk memilihnya.

Untuk setiap nomor yang anda pilih anda juga bisa mementukan parameter untuk memblokir nomor tersebut.

Pilihan parameter yang bisa anda gunakan:

Turn off Ringer + Block SMS : Pemanggil tidak akan tahu bahwa anda telah memblokirnya dan sms yang mereka kirim akan masuk ke kotak blacklist bukan kotak pesan seperti biasanya.

End Call + Block : Panggilan akan segera terputus, pemanggil akan merasa seperti anda menekan tombol reject, dan biasanya panggilan tersebut akan dihubungkan ke voice mail sehingga pemanggil dapat meninggalkan pesan pada voice mail. Sms yang mereka kirim akan masuk ke kotak blacklist

Turn off Ringer sama seperti pilihan pertama tetapi anda tetap dapat menerima SMS dari nomor yang telah anda blok.

End Call Only sama seperti pilihan kedua tetapi anda tetap dapat menerima SMS dari nomor yang telah anda blok.

Block SMS Only : Anda tetap dapat menerima panggilan dari nomor yang anda bblok tetapi SMS yang mereka kiim akan masuk ke kotak blacklist.

Setelah memodifikasi parameter anda dapat menekan tombol save untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Itulah 2 cara mudah yang dapat anda lakukan ketika ingin memblokir panggilan telepon dan sms yang tidak anda inginkan. Semoga dengan tutorial tersebut, anda kini tak akan merasa terganggu lagi oleh telepon atau SMS dari orang yang tak anda kenal, atau orang yang mengganggu privasi anda.